Metode Menanam Hidroponik Yang Mudah

Metode menanam hidroponik adalah metode menanam baru yang menggunakan air sebagai komponen utama. Berbeda jika dibandingkan dengan metode menanam tradisional yang menggunakan tanah sebagai media tanam.

Namun metode hidroponik adalah metode yang cara kerjanya menyampurkan air dengan nutrisi untuk tanaman dan distribusikan melalui akar akar tanaman tersebut. Sebagai bahan pengganti media tanaman tanah maka dapat menggunakan seperti sabut kelapa, pasir, kerikil, dan juga serbuk kayu.

Metode ini sangat bermanfaat bagi para petani dan orang yang memiliki keingin untuk berkebun, tetapi tidak memiliki lahan berwujud bidang tanam tanah untuk menanami tubuhan tersebut. Hal tersebud dikarenakan metode ini dapat menggunakan berbagai peralatan sedehana untuk melakukannya dan dengan ruangan yang sempit mempu menanami banyak sayuran dengan sistem tumpeng tindih.

mediahidroponik.com

Dua Jenis Metode Menanam Hidroponik

            Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa metode menanam hidroponik ini merupakan metode penanaman yang menggunakan air sebagai komponen utamanya. Namun metode ini memiliki dua jenis metode yang penanaman dengan menggunakan air dengan konsep dasar yang sama, tetapi pelaksanaanya saja yang sedikit berbeda. Berikut ini adalah dua jenis cara menanam hidroponik.

  • Teknik Larutan Air Dinamis

Teknik hidroponik ini menggunakan air sebagai komponen utama namun air tersebut bersifat dinamis atau air yang digunakan tidak bergerak kemana mana. Dalam penggunaan metode jenis ini tanaman disemai pada baskom atau ember. Dalam mencari ember yang akan digunakan dalam metode ini usahakan menggunakan ember atau baskom yang berwarna gelap.

Hal ini ditujukan agar air yang dijadikan sebagai asupan nutrisi tidak ditumbuhi lumut yang akan memakan nutrisi tersebut. Apa bila terpaksanya menggunakan bahan yang bening atau transparan maka bagian luarnya dilapisi dengan plastic yang berwarna gelap untuk menghalangi cahaya yang mamsuk ke dalam air.

Karena air yang berisikan larutan nutrisi tidak mengalir maka usahakan ketinggian air tidak menyentuh akar agar akar tersebut dapat bernafas dan dengan hal tersebut maka kebutuhan oksigen akar terpenuhi. Namun untuk hal tersebut juga dapay dibantu dengan pemberian gelembung gelembung oksigen pada air dengan menggunakan bantuan pompa aquarium. Penggantian air dapat dilakukan seminggi sekali

  • Teknik Larutan Air Mengalir

Tenik selanjutnya menggunakan larutan air yang diberi nutrisi lalu dialirkan pada setiap akar tanaman. Caranya adalah dengan membuat penampungan seperti tangka besar yang diberikan nutrisi terlebih dahulu lalu kemudian dialirkan ke setiap akar tananam.

Cara tersebut dinilai lebih mudah karena dengan tangka besar yang siap membawa air yang diberi nutrisi ke setiap tanaman maka tidak memerlukan penggantian air setiap minggunya seperti pada teknik larutan air dinamis. Sebelum air dialirkan terlebih dahulu dibuat parit parit buatan yang nantinya sebagai media tanam tanaman tersebut dan baru kemudian air dialirkan.

Kelebihan Metode Hidroponik

            Metode menanam hidroponik dinilai sangat memudahkan bagi siapa pun yang tidak memiliki lahan untuk menanam. Namun untuk dapat melakukan metode tersebut juga harus mendapatkan panduan panduan cara melakukannya terlebih dahulu agar tidak terjadi kebingungan saat melakukannya.

Untuk mendapatkan berbagai panduan tersebut dapat dengan mudah diperoleh dengan memesan cd atau buku panduan pada distributor NASA yang juga sebagai distributor utama peralatan metode hidroponik. Dengan memahami panduan untuk melakukannya setelah itu baru mereapkannya. Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah kelebihan dari metode menanam hidroponik.

  • Metode hidroponik memberikan kemudahan karena tidak harus melakukan penyiraman setiap harinya.
  • Dapat memaksimalkan lahan terbatas karena dapat dilakukan lahan bertingkat.
  • Ramah lingkungan karena tidak menggunakan pertisida
  • Sayuran lebih bernutrisi
  • Pertumbuhan tanaman jadi lebih cepat

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *