Pengertian Filsafat Pendidikan Menurut Beberapa Ahli

Apa itu filsafat pendidikan? Anda mungkin sering sekali mendengar istilah ini. Akan tepai, sampai sekarang Anda belum benar-benar memahami apa arti filsafat dan apa hubungannya dengan pendidikan. Dilihat dari asal katanya, Filsafat sendiri berasal dari kata philosophia (bahasa Yunani).

Arti kata ini adalah cinta pada ilmu pengetahuan. “Philos” memiliki arti “Cinta, Senang, Suka” dan kata “Sophia” mempunyai arti “ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, dan hikmah”. Sumber lain mengatakan bahwa filsafat menurut asal katanya diartikan sebagai cinta akan kebenaran.

Nah, dari pembahasan singkat ini, bisa ditarik kesimpulan bahwa pengertian filsafat menurut asal katanya adalah rasa cinta pada ilmu pengetahuan dan kebenaran. Yang perlu kita pahami selanjutnya adalah bagaimana memahami filsafat dari sisi pendidikan. Untuk itu, simak saja penjelasan lengkapnya berikut ini.

slideshare.net

Pengertian Filsafat Pendidikan

  1. Pandangan Al Syaibany

Menurut Al Syaibany, Filsafat Pendidikan adalah suatu aktivitas berpikir yang terarah yang menjadikan dasar filsafat sebagai jalan untuk menyelaraskan, mengatur, dan juga memadukan proses-proses pendidikan. Artinya, filsafat ini dapat menjelaskan suatu nilai dan maklumat yang diupayakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

 

  1. Pandangan John Dewey

Istilah ini mengacu pada proses pembentukan karakter dan kemampuan dasar yang fundamental, baik dari sisi intelektual (daya pikir) maupun emosional (daya perasaan) untuk mencapai karakter manusia beradab.

 

 

  1. Pandangan Tompson

Menurut pendapat lain, filsafat diartikan sebagai melihat suatu problema secara detail tanpa ada batas atau implikasi. Filsafat tidak hanya melihat tujuan, metode, atau alat-alatnya, ia juga memiliki suatu hal yang sama seperti yang dimaksud.  Filsafat adalah suatu proses untuk menemukan keseluruhan masalah kemudian mencari berbagai alternatif untuk memecahkan masalah tersebut.

 

  1. Pandangan Imam Bernadib

Filsafat ini diartikan sebagai ilmu yang hakikatnya adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam bidang pendidikan. Menurut Imam Bernadib, filsafat adalah suatu aplikasi analisis filosofis dalam bidang pendidikan.

 

  1. Pandangan Brubachen

Filsafat ini diartikan sebagai suatu cabang ilmu yag bebas, tetapi masih punya kaitan dengan filsafat umum. Pendidikan bisa dikaji dari sisi filsafat untuk menjawab segala problema yang terjadi. Teori-teori pendidikan juga lebih banyak muncul dari kajian-kajian filosofis.

 

Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan

Secara umum, ilmu filsafat adalah memahami permasalahan kehidupan alam semesta, manusia, dan alam sekitarnya. Akan tetapi, dalam filsafat  pendidikan, ruang lingkup secara mikro meliputi enam hal. Pertama, merumuskan dengan tegas hakikat pendidikan. Kedua, merumuskan hakikat manusia sebagai subjek sekaligus objek pendidikan.

Ketiga, merumuskan dengan tegas hubungan filsafat, agama, dan kebudayaan. Keempat, merumuskan hubungan antara teori pendidikan dan filsafat. Kelima, merumuskan hubungan filsafat negara dengan pendidikan. Keenam, merumuskan sistem nilai dan norma pendidikan. Rumusan ruang lingkup filsafat secara mikro ini bisa lebih lanjut dipahami di bimbel stan

 

Kesimpulannya adalah ruang lingkup dari filsafat pendidikan adalah segala aspek yang punya hubungan dengan usaha manusia untuk memahami dan mengerti hakekat pendidikan sendiri yang juga berhubungan dengan proses pelaksanaan pendidikan.

Filsafat ini dijadikan sebagai suatu cara untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah dicita-citakan. Ilmu ini sama pentingnya dengan ilmu-ilmu lain karena filsafat menjadi dasar penopang cabang ilmu lainnya.

Jika seseorang sudah bisa memahami filsafat secara komprehensif, ia pun bisa merumuskan sebuah pendidikan yang baik dengan sistem-sistem yang bisa diterima masyarakat umum. Sebelumnya, proses pemahaman ini harus dilakukan dengan jelas dan menyeluruh.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *