Pengertian, Jenis, dan Penyebab DM

Diabetes atau biasa disebut diabetes melitus (DM) merupakan sebuah penyakit berjangka panjang atau biasa disebut kronis yang ditandai dengan kandungan gula darah atau glukosa yang sangat tinggi diatas normal. Kadar gula darah (glukosa) ini sangatlah penting untuk kesehatan tubuh dikarenakan sumber energi utama bagi tubuh. Indonesia, negara kita ini masuk kedalan 10 besar negara dengan penderita diabetes terbesar di dunia. Dari sekitar 8,5 juta pasien diabetes hampir 50% diantaranya tidak menyadari bahwa mereka menderita diabetes. (diambil dari Federasi Diabetes Internasional). Hal ini sungguh mengkhawatirkan, karena para penderita yang tidak mengtahui bahwa terkena diabetes tidak bisa segera mengobatinya. Maka dari itu penting untuk mengetahui pengertian DM adalah Diabetes Melitus dan gejala-gejalanya.

Jenis-Jenis DM Adalah..

Diabetes Melitus (DM) ini terbagi menjadi beberapa jenis dan tipe DM adalah diantaranya DM tipe 1, DM tipe 2, dan Dm gestasional. Anda sudah seharusnya mengetahui jenis-jenis DM tersebut agar leih cepat dalam penanganan dan pengobatannya.

  1. Diabetes Melitus Tipe 1

Penderita diabetes bertipe 1 ini sangatlah bergantung akan insulin karena sistem imun atau kekebalah tubuh si oenderita akan menyerang dan menghancurkan sel pemproduksi insulin yakni pada sel-sel pankreas. Karena kerusakan sel pankreas penghasil insuline ini akan menyebabkan kadar gula darah atau glukosa yang tunggi. Tingginya glukosa ini nantinya akan menyebabkan kerusakan di organ penderita diabetes ini. Biasanya, penderita diabetes jenis 1 ini orang yang berusia dibawah 40 tahun. Penderita diabetes tipe 1 ini harus menerima suntikan insuline setiap hari.

  1. Diabetes Melitus Tipe 2

Diabetes tipe 2 ini merupakan diabetes yang umun terjadi dan sekitar 90% pasien diabetes di dunia mengidap diabetes tipe ini. diabetes tipe 2 ini disebebkan karena kurangnya produksi insulin. Bisa juga dikerenakan kurangpekaan sel tubuh akan insulin.  Biasanya diabetes tipe 2 ini akan dialami oleh pasien berusia 30/40 tahun lebih. Biasanya penderita diabetes tipe 2 ini akan mengalami rasa haus dan lapar yang tinggi serta diikuti penurunan berat badan yang drastis.

  1. Diabetes tipe Gestasional

Deiabetes ini adalah diabetes yang dialami oleh ibu hamil. Diabetes gestasional ini disebabkan karena gangguan toleransi kadar gula darah pada ibu hamil tersebut. Umunya DM Gestasional ini akan lenyap setelah ibu hamil tersebut selesai melahirkan.

Penyebab dari DM Adalah..

Diabetes melitus atau DM ini dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebab ini juga dapat menjadi pemicu meningkatnya resiko diabetes melitus atau DM ini. Anda juga harus mengetahui apasaja penyebab DM ini agar dapat mencegahnya secara tepat dan benar.

  1. Faktor Keturunan

Orang yang keluarganya memiliki resiko diabetes Melitus ini akan mempunyai resiko besar terkena diabetes melitus.

  1. Pola Makan yang Tidak Sehat

Makanan yang banyak mengandung gula dan juga makanan cepat saji akan memicu resiko terkena diabetes melitus yang tinggi.

  1. Usia dan Kegemukan

80 % orang yang berumur lanjut dan obesitas akan terjangkit diabets. Biasanya pada usia 40 tahun lebih.Itulah tadi beberapa tipe dan penyebab dari diabetes melitus. Yang terpenting dalam DM adalah menjaga kadar gula dalam darah dengan menjaga pola makan dan rutin berolahraga. Bila Anda seorang penderita diabetes melitus, selain Anda menoba obat-obatan kimia dan medis. Anda juga harus mencoba obat tradisonal alami. Obat diabetes alami  ini seperti daun kelor, lidah buaya, teh hijau dan masih banyak lagi.

 

 

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *